Jumat, 01 Februari 2013

Zoom G5, Multi Efek Terbaru Dari Zoom

Zoom G5, Multi Efek Terbaru Dari Zoom


Zoom G5 merupakan pengembangan dari multi efek zoom sebelumnya G3. Ya, tampaknya Zoom tidak mau kalah dengan Boss yang lebih dulu mengeluarkan Boss GT-100. Bentuk dari efek ini sangat simpel, jauh dari bayangan kita (baca: saya) yang mengidentikkan multi efek dengan berbagai kontrol yang ribet. Tampilan G5 tidak ubahnya seperti 4 buah stompbox yang dijejer, dengan satu tambahan pedal booster dan wah/volume pedal.

G5 memiliki 4 buah LCD yang lebar yang memungkinkan anda untuk menggunakan 9 buah efek dan ampli secara bersamaan. Sementara efek ini memiliki 22 amp modeling dan 123 stomp modelling, yah saya rasa cukuplah untuk mengakomodasi kebutuhan sound tanpa harus membawa bermacam-macam pedal yang tentu saja membutuhkan tenaga, tempat, dan (mungkin) uang ekstra. Terlebih lagi zoom G5 sudah dilengkapi vacuum tube sebagai boosternya yang dapat mem-boost hingga 16db. 

zoom G5
Panel belakang G5
Tube Booster pada G5
Zoom G5 juga dilengkapi sebuah expression pedal Z-pedal 3D yang memungkinkan untuk digerakkan tidak hanya naik turun namun juga ke kanan dan ke kiri. Dengan adanya pedal baru ini, zoom juga menyertakan 20 efek yang dapat bekerja dengan Z-pedal 3D ini. Fitur lain yang tidak kalah penting adalah anda dapat menyeting susunan pedal chain sesuai keinginan anda, jika pada umumnya kita hanya dapat memilih jenis efek dan amp, dengan G5 kita dapat memilih efek/amp dan juga urutan letaknnya. Fitur ini tentu saja menjadi solusi efek digital mengenai posisi ideal efek modulasi yang idealnya diletakkan di antara send dan return ampli.












Masih banyak fitur lain yang ditanamkan dalam Zoom G5 ini seperti internal looper yang memungkinkan untuk merekam selama 60 detik dan dengan bantuan drum machine yang terdapat dalam G5 anda juga dapat membuat backingtrack sederhana. Fitur yang lain adalah USB audio interface untuk DAW recording,  Balanced XLR output (yang memungkinkan untuk direct ke mixer), Tuner yang akurat, low noise design, dan editing preset melalui komputer.


Untuk sound sendiri G5 sudah menggunakan prosesor ZFX-IV yang diklaim menghasilkan sound yang lebih realistik dan clarity yang lebih baik daripada versi sebelumnya (ZFX-III). Berikut ini video dari G5 :



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar